Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing

  • Putu Andyka Putra Gotama Universitas Dhyana Pura
Keywords: Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia, Penutur Asing

Abstract

Salah satu yang menjadi faktor penentu perkembangan suatu bangsa adalah bagaimana interaksi berjalan dengan baik. Komunikasi dengan bahasa memungkinkan setiap orang dapat menyesuaikan dirinya dengan lingkungan fisik dan lingkungan sosialnya. Jadi, bahasa dan manusia merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan sebab keduanya berhubungan erat.  Era globalisasi dan internasionalisasi memberikan peluang yang luas bagi bangsa ini untuk mengembangkan diri. Situasi seperti ini sangat menguntungkan bagi pengajar bahasa Indonesia untuk penutur Asing. Saat ini pengajaran bahasa Indonesia sangat diminati oleh warga negara lain, terutama bagi mereka yang tinggal di kawasan Asia-Pasifik. Terlebih lagi Indonesia merupakan salah satu tujuan/destinasi yang sering dikunjungi baik itu untuk berlibur atau untuk menjalankan kegiatan usaha. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa ketika mengajarkan bahasa Indonesia untuk penutur asing tentu akan mengalami berbagai macam kesulitan. Terlepas dari kemajuan teknologi penunjang atau sarana pembelajaran yang canggih dan suasana politik yang terjadi, strategi dan pendekatan pengajaran bahasa sangat penting untuk ditentukan sehingga dapat mengatasi berbagai macam kendala yang dihadapi dalam mengajarkan Bahasa Indonesia bagi penutur Asing. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengajaran bahasa Indonesia bagi penutur Asing, kesulitan berbahasa Indonesia bagi penutur Asing, dan strategi pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa Asing.

Berdasarkan pembahasan diperoleh hasil bahwa pengajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing dipandang perlu dikembangkan karena hal ini berkaitan dengan internasionalisasi dan globalisasi yang telah lama dihembuskan. Program pemerintah, mengundang pengusaha asing untuk berinvestasi dan promosi kebudayaan yang gencar menjadi beberapa alasan mengapa bahasa Indonesia dipelajari. Tentunya Ketika mempelajari Bahasa Indonesia, pasti akan menemukan beberapa kesulitan, misalnya terkait dengan pemilihan materi, terperangkapnya pada struktur Bahasa, makna, termasuk bagaimana metode pembelajaran yang dapat digunakan. Namun, banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi berbagai permasalahan dalam mengajarkan bahasa Indonesia. Mulai dari mempersiapkan strategi dan metode yang akan dilakukan hingga pemanfaatan kecanggihan teknologi dengan cyber world-nya. Strategi dan metode yang dipakai tentunya untuk mengajarkan keterampilan berbahasa yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Metode dan pendekatan yang dibahas dapat diterapkan pada kelas pemula, kelas menengah dan kelas atas. Perbedaannya ada pada teknik yang diberikan. Berdasarkan hasil di atas maka dapat disarankan bahwa pembaca terutama pengajar bahasa Indonesia bagi penutur Asing agar memahami isi artikel guna menambah pengetahuan mengenai strategi pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur Asing. Selain itu, bagi penulis lain diharapkan terus menggali pengetahuan terkait dengan strategi pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur Asing

References

Hidayat, Kosadi. 2001. “Kendala-kendala Penguasaan Struktur Kalimat Bahasa Indonesia bagi Mahasiswa Didik Asing pada Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di FPBS UPI Bandung”. http:// www. Ialf.edu/kipbipa/pepers/Kosadihidayat.htm.

Iskandarwasid dan Dadan Sunendar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Karmin, Y. 2000. “Mengembangkan Kurikulum BIPA”. www. Ialf.edu/kipbipa/pepers/Ykarmin.doc (9 Juli 2005).

Lengkanawati, Nenden Sri. 1997. “Kontribusi Strategi Belajar Bahasa terhadap Tingkat Kemahiran Berbahasa (Studi tentang Perbedaan Strategi Belajar Bahasa Indonesia sebagai BA di Australia dan bahasa Inggris sebagai BA di Indonesia). (Desertasi). Bandung: IKIP Bandung.

Pringgawidagda, Suwarna. 2002. Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Sugono, Dendy. 2003. Bahasa Indonesia Masuk Pasar Bebas. Halian Kompas Senin, 13 Oktober 2003 halaman 50.

Sunendar, Dadang. 2000. Alternatif Materi Pembelajaran BIPA Tingkat Pemula. Makalah KIPBIPA III. Bandung: Andira.
Published
2023-07-01
How to Cite
Putra Gotama, P. (2023). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. Lampuhyang, 14(2), 104-120. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v14i2.350
Section
Articles