Analisis Kognisi Penulis dalam Penggambaran Sosok Guru (Analisis Teks Berita Tentang Guru pada Harian Bali Post)
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis teks berita tentang guru dilihat dari kognisi penulis terhadap penggambaran sosok guru. Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah beberapa wacana berita tentang Guru pada Harian Bali Post. Analisis dilakukan secara argumentatif dan interpretatif untuk memetakan kognisi penulis yang pada akhirnya digunakan untuk merumuskan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kognisi setiap penulis/wartawan yang berbeda berpengaruh terhadap produksi teks yang berbeda pula. Kognisi penulis tersebut dibangun atas dasar realita yang dihadapinya di masyarakat. Berita pada harian Bali Post (25 November 2018) menunjukkan kognisi penulis yang tidak berpihak kepada guru karena teks tersebut diproduksi dengan menyoroti sisi negatif seorang guru. Sementara itu, berita pada harian Bali Post (26 November 2018) menunjukkan kognisi penulis yang menyatakan keberpihakan kepada guru melalui teks-teks yang dibangunnya.
References
Jurnalis (kmb31). 2018. “Guru Diingatkan Jangan Gemar Matajen”. Harian Bali Post Edisi Minggu Wage, 25 November 2018.
Jurnalis (sue). 2018. “Ketika Guru Hadapi Revolusi Industri 4.0: Mengajarlah dengan Hati dan Perlunya Perlindungan Hukum”. Harian Bali Post Edisi Senin Kliwon, 26 November 2018.
Mulyasa, E. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Sudaryat, Yayat. 2009. Makna dalam Wacana. Bandung: CV. Yrama Widya.
Copyright (c) 2024 Lampuhyang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.