Penerapan Metode Copy The Master Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Berbahasa Bali Siswa Kelas Xc Sma Negeri 1 Bebandem Tahun Pelajaran 2022/2023

  • Ni Putu Gatriyani
Keywords: Copy The Master, Keterampilan Menulis Cerpen

Abstract

enelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di Sekolah Menegah Atas Negeri 1 Bebandem tepatnya dikelas XC tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan siswa dalam menulis cerpen bahasa Bali yang masih rendah, siswa kurang antusias dalam pembelajaran, proses pembelajaran masih berpusat pada guru, dan keterampilan menulis cerpen berbahasa Bali pada siswa masih rendah. Adapun masalah pada penelitian ini yakni (1) Bagaimana penerapan metode copy the master dalam meningkatkan keterampilan siswa kelas X.C Sekolah Menegah Atas Negeri 1 Bebandem dalam menulis cerpen berbahasa Bali?, (2) Bagaimana respon siswa terhadap penerapan metode copy the master dalam meningkatkan keterampilan menulis cerpen berbahasa Bali?. Tujuan pelaksanaan penelitian kelas ini adalah (1) Untuk mengetahui hasil dari penerapan metode copy the master tehadap keterampilan menulis cerpen berabasa Bali siswa kelas X.C Sekolah Menegah Atas Negeri 1 Bebandem! (2) untuk mengetahui respon siswa kelas X.C Sekolah Menegah Atas Negeri 1 Bebandem terhadap penerapan metode copy the master dalam meningkatkan keterampilan menulis cerpen berbahasa Bali!. Metode penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan subjek siswa kelas XC Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bebandem sebanyak 34 orang siswa, dengan jumlah siswa laki-laki 18 orang dan siswa perempuan 16 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis cerpen berbahasa Bali setelah diterapkannya metode copy the master pada refleksi awal nilai rata-rata siswa 60,88. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 71,02 dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pada siswa menjadi 80,58. Sedangkan respon siswa kelas X.C SMA Negeri 1 Bebandem terhadap penerapan metode copy the master  dalam pembelajaran menulis cerpen berbahasa Bali tergolong kategori sangat aktif dengan skor rata-rata 26,67 yang tergolong sangat positif Berdasarkan simpulan, maka dapat diberikan saran yaitu: Kepada guru bahasa Bali agar mencoba menerapkan metode ini; (2) diharapkan tulisan ini dapat dijadikan sebagai refrensi pembanding dalam upaya meningkatkan keterampilan siswa.

 

References

Aminudin. 2011. Pengantar Apresiasi Karya Sasta. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur), Cetakan Kedelapan, Jakarta: Rosda Karya.
Arikunto, Suharsimi, 2012, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Burhan, Nurgiyantoro. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Hayati, Amalia. 2013. Pengaruh Metode Copy The Master Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Oleh Siswa Kelas X SMA Nusantara Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2012/2013. Medan: Universitas Negeri Semarang. (Artikel
Keraf, Gorys. 2004. Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Flores: Nusa Indah.
Marahimin, I. 1994. Menulis Secara Populer. Jakarta: Putaka Jaya.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkaji Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sanjaya, Wina. (2010). Stratregi Pembelajaan Brerorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Published
2024-01-31
How to Cite
Gatriyani, N. P. (2024). Penerapan Metode Copy The Master Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Berbahasa Bali Siswa Kelas Xc Sma Negeri 1 Bebandem Tahun Pelajaran 2022/2023. Lampuhyang, 15(1), 114-122. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v15i1.368
Section
Articles