Peran Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar Dalam Mencegah Pelecehan Seksual Terhadap Anak

  • I Gusti Ayu Adi Rahayuni STKIP Agama Hindu Amlapura
Keywords: Peran IPS SD, pelecehan seksual.

Abstract

Penyampaian edukasi seksual sejak dini pada anak menjadi upaya yang penting guna meminimalisir kasus pelecehan seksual yang terjadi pada anak di bawah umur. Namun ironisnya sampai saat ini stigma masyarakat masih menganggap bahwa pemberian edukasi seksual masih terasa tabu jika disampaikan kepada anak-anak yang usianya masih di bawah umur atau belum memasuki usia remaja. Pada akhirnya masyarakat menaruh harapan kepada lembaga sekolah untuk menjalankan misi pemberian edukasi seksual ini. Menanggapi permasalahan tersebut, maka pembelajaran IPS di Sekolah Dasar memegang peran central dalam meminimalisir pelecehan seksual pada anak. Penelitian ini diharapkan memberi solusi dalam meminimalisir kasus pelecehan seksual pada anak melalui pembelajaran IPS yang diajarkan di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Studi pustaka menjadi upaya peneliti dalam mengkaji topik yang dibahas. Library reserch diguakan dalam mengumpulkan dan mengekstraksi intisari penelitian dari hasil penelitian yang sudah ada sebelumnya dan menganalisis para ahli yang tertulis dalam teks. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pembelajaran IPS di SD memegang peran penting dalam meminimalisir kasus pelecehan seksual anak, upaya pencegahan dan meminimalisir tersebut tertuang melalui proses pembelajaran IPS.

References

Anggraeni, Desi. (2009). Pelecehan Seksual Terhadap Anak Dibawah Umur Dalam Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Badan Pusat Statistik, (2023). Jumlah Penduduk Pertengahan Tahun (Ribu Jiwa), 2021-2023. Jakarta : Badan Pusat Statistik.
Hijriati, & P. Rahmi. (2022). Perkembangan Psikososial Peserta Didik Sekolah Dasar Islam di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu Vol. 6, No. 1. Yogyakarta : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Karim, Abdul. (2015). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Buku tidak diterbitkan. Kudus: Institut Agama Islam Kudus.
Komisi Perlindungan Anak Indonesia.(2021). Catatan Pelanggaran Hak Anak Tahun 2021 dan Proyeksi Pengawasan Penyelenggaraan Perlindungan Anak Tahun 2022. Jakarta Pusat : Komisi Perlindungan Anak Indonesia.
Oktarisma, Saniyah Holy, dkk.(2023). Paradigma Guru Sekolah Dasar Tentang Edukasi Seksual Sejak Dini Sebagai Implementasi Sekolah Ramah Anak. Jurnal Umpalangkaraya. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Prasetiya, Benny, Solehati, Ahyun Qurotul Faizah. (2022).Faktor Penyebab Terjadinya Pelecehan Seksual Serta Dampak Psikologis Yang Dialami Korban. Jurnal pendidikan anak, AL-ATHFAL, Vol. 3, No. 2. STAI Muhammadiyah Probolinggo.
Rizky, Muhammad.(2019). Analisis Dampak Kekerasan Seksual Terhadap Anak Di Kecamatan Pauh Kota Padang. jurnal ensiklopedia.org Vol. 1, No. 2. Sumatra Barat : Universitas Muhammadiyah.
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Virgiastri, Aulia, & Irawan Doni Anang.(2022). Pelecehan Seksual Terhadap Korban Di Tinjau Dari Permendikbud Nomor 30 Tahun 2021. Jurnal Vol. 3. No. 2. Surabaya : Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia.
Published
2024-01-31
How to Cite
Rahayuni, I. G. (2024). Peran Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar Dalam Mencegah Pelecehan Seksual Terhadap Anak. Lampuhyang, 15(1), 47-62. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v15i1.370
Section
Articles