Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Penggerak Di Sdn 4 Tukadsumaga

  • Ni Nyoman Lisna Handayani STAHN Mpu Kuturan Singaraja
Keywords: Kurikulum merdeka, sekolah penggerak.

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Dalam proses pembelajaran guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat pembelajaran sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penerapan kurikulum merdeka di sekolah penggerak SDN 4 Tukadsumaga. Teknik wawancara dan observasi digunakan untuk menggambarkan peran kepala sekolah dan guru dalam mensukseskan kurikulum merdeka, mengulas efisiensi penerapannya, serta mengidentifikasi problematika atau kendala. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa sebetulnya Implementasi Kurikulum Merdeka lebih mudah diterapkan di SDN 4 Tukadsumaga karena kurikulum baru ini mengusung Konsep Merdeka Belajar yang memungkinkan guru tidak terlalu direpotkan dengan pekerjaan administratif. Kemudian dari segi pelaksanaan intra kurikuler, hampir semua anak mampu memenuhi standar, dan pelaksanaan kurikulum merdeka ini lebih sederhana daripada kurikulum 2013.

References

Burhan Nurgiyantoro, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah (Sebuah Pengantar Teoretis dan Pelaksanaan). (Yogyakarta: BPFE, 1988), 149.
Dina Kurnia Restanti, Merdeka Belajar Dalam Mengajar, (Indramayu : CV. Adanu Abimata, 2022), 2
Dr. H.A. Zaki Mubarak. Desain kurikulum merdeka era revolusi 4.0, (Jakarta: Penyelaras Aksara, 2022) 7.
Hadi soekamto. Perencanaan pembelajaran kurikulum merdeka, (Jakarta : CV. Bayfa Cendekia, 2022) 100.
Harahap. E. 2016. Visi Kepala Sekolah Sebagai Penggerak Mutu Pendidikan. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Vol. 1. No. 2. (https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/ 1014 diakses pada tanggal 23 November 2022).
Javanisa, Faauziyah, Melani, dan Rouf. 2021. Implementasi Kurikulum Sekolah Penggerak terhadap Motivasi Peserta Didik. Malang: Universitas Brawijaya.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2021. Merdeka Belajar: Episode Ketujuh Program Sekolah Penggerak. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem- Pendidikan Nasional.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Program Sekolah Penggerak. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah.
Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 162 Tahun 2021 Tentang Program Sekolah Penggerak. (https://docplayer.info/214073624-Keputusan-menteri-pendidikan- kebudayaan-riset-dan-teknologi-republik-indonesia-nomor-162-m-2021- tentang-program-sekolah-penggerak.html diakses pada tanggal 25 November 2022).
Materi Pelatihan Program Sekolah Penggerak Ringkasan Materi. 2021. (https:// sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/02/Paparan- Program-Sekolah-Penggerak.pdf diakses pada tanggal 21 November 2022).
Muhammad Fathurrohman, Belajar dan Pembelajran Modern, (Yogyakarta: Garudhawaca, 2017), 60.
Mulyasa, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, (bandung: PT Remaja Rosdakarya), 66.
Sandra Desi, "Apa Itu Kurikulum Merdeka? “ (Kemendikbud), Des. 02, 2023.
Slamet muhsin, Implementasi kebijakan pengurangan risiko bencana. (Malang : Unisma Press,2021), 89.
Zainal Arifin, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2013), 82.
Published
2024-01-31
How to Cite
Handayani, N. N. (2024). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Penggerak Di Sdn 4 Tukadsumaga. Lampuhyang, 15(1), 34-46. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v15i1.371
Section
Articles