Peningkatan Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 2 Purwakerthi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray

  • Ni Komang Tirta Novi Yanti
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, tipe two stay two stray , Keaktifan belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray untuk meningkatkan keaktifan belajar Pendidikan Agama Hindu kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Purwakerthi. Rancangan yang digunakan adalah PTK dengan subjek sebanyak 25 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi untuk mendapatkan data keaktifan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dalam pembelajaran Pendidikan  Agama Hindu dapat meningkatkan keaktifan belajar Pendidikan Agama Hindu. Rata-rata skor keaktifan belajar siswa dari 18,81 pada awal siklus 1 meningkat menjadi 28,06 pada akhir siklus II (tergolong sangat aktif). Jadi dapat disimpulkan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray , keaktifan belajar meningkat sebesar 9,25 Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diajukan saran kepada pihak-pihak terkait seperti: kepada para pendidik di Sekolah Dasar Negeri 2 Purwakerthi khususnya guru Agama Hindu, untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dalam pembelajaran Agama Hindu

References

Bungin, Burhan. 2007. Metotodoli Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Depdiknas.2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional: Depdiknas RI.

Dimyati dan Moedjono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwija 2006. Metedologi Penelitian Pendidikan Amlapura: STKIP Agama Hindu Amlapura.

Hadi,S. 2000. Statistik Jilid 1. Yogyakarta: Andi Heryanto.

Hasan, H dan Iqbal. 2002. Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Ibrahim, M dan Nur, M. 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: UNESA-University Peers Surabaya.

Kunandar. 2007. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Published
2024-01-31
How to Cite
Yanti, N. K. (2024). Peningkatan Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 2 Purwakerthi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Lampuhyang, 15(1), 146-153. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v15i1.377
Section
Articles