Efektifitas Ethno Project Based Teaching Module Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Smk Restumuning, Tabanan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas Ethno Project Based Taching Module untuk meningkatkan kreativitas siswa SMK Restumuning. Rancangan desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimential learning yaitu dengan kelompok kelas control dan eksperimen pretest-posttest design. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif (masukan kritik, saran) dan kuantitatif (evaluasi responden berupa angket dan observasi). Teknik pengumpulan data menggunakan metode Pretest – Posttest Control Group Design yang dianalisis menggunakan uji hipotesis analitik dengan uji normalitas dan statistik inferensial dengan uji t (independent sample T-test) untuk melihat perbedaan hasil rata-rata kelompok. Jumlah penduduk kategori ini berjumlah 40 orang. Metode penelitian ini adalah purposive sampling. Pada pretest yang belum diterapkannya treatment nilai rata-rata menunjukkan hasil 108,29, nilai tertinggi 115,00, nilai terendah yaitu 99,00 dan rentang data 16,00. Setelah diberikannya treatment Ethno Project Based Teaching Module semua nilai mengalami peningkatan yaitu rata-rata menunjukkan hasil 115,74, nilai tertinggi 123,00, nilai terendah 110,00 dan rentangan data pada nilai posttest memperoleh nilai 13,00.
References
Basilotta Gómez-Pablos, V., Martín del Pozo, M., & García-Valcárcel Muñoz-Repiso, A. (2017). Project-based learning (PBL) through the incorporation of digital technologies: An evaluation based on the experience of serving teachers. Computers in Human Behavior, 68, 501. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.11.056
Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53, Issue 9).
Chabibie, M. H. (2020). Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif dalam BDR yang Memanfaatkan Rumah Belajar. Kemendikbud.
Choi, J., Lee, J. H., & Kim, B. (2019). How does learner-centered education affect teacher self-efficacy?The case of project-based learning in Korea. Teaching and Teacher Education, 85, 45–57. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.05.005
Creswell, J. W. (2012). Educational Research. University of Nebraska.
Csikszentmihalyi, M. (1997). Creativity: Flow and Psychology. Namta Journal, 22(2), 60–97.
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Project-based Learning untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Inovasi Kurikulum, 19(2), 213–226.
Diarini, I., & Winangun, I. M. A. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Project Based Teaching Module untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMK Pariwisata Dwi Tunggal. Jurnal Penelitian …, 9843, 16–26.
Eliyasni, R., Kenedi, A. K., & Sayer, I. M. (2019). Blended Learning and Project Based Learning: The Method to Improve Students’ Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 231–248. https://doi.org/10.25217/ji.v4i2.549
Fadli, A., & Irwanto. (2020). The effect of local wisdom-based ELSII learning model on the problem solving and communication skills of pre-service islamic teachers. International Journal of Instruction, 13(1), 731–746. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13147a
Ginting, D. V. B. (2022). Etnobotani Tumbuhan Yang Digunakan Pada Upacara Pernikahan Etnis Karo Di Kecamatan Biru-Biru. Universitas Medan Area.
Hake, R, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores.AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology.
Ilhami, A., Riandi, R., & Sriyati, S. (2019). Implementation of science learning with local wisdom approach toward environmental literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1157(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022030
Irhasyuarna, Y., Kusasi, M., Fahmi, F., Fajeriadi, H., Aulia, W. R., Nikmah, S., & Rahili, Z. (2022). Integrated science teaching materials with local wisdom insights to improve students’ critical thinking ability. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 4(3), 328. https://doi.org/10.20527/bino.v4i3.14148
Kemdikbud. (2022). Buku Saku Penyusunan Perangkat Ajar : Modul Ajar.
Kuo, H. C., Tseng, Y. C., & Yang, Y. T. C. (2019). Promoting college student’s learning motivation and creativity through a STEM interdisciplinary PBL human-computer interaction system design and development course. Thinking Skills and Creativity, 31, 1–10. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.09.001
Kurniawan, D., & Fatmawati, I. (2019). Persepsi Masyarakat Madura Terhadap Peran Tumbuhan Etnofarmaka di Kabupaten Sumenep. Jurnal Pertanian Cemara, 16(2), 1–7. https://doi.org/10.24929/fp.v16i2.809
Kusumah, W., & Alawiyah, T. (2021). GURU PENGGERAK: Mendorong Gerak Maju Pendidikan Nasional. Penerbit Andi.
Mansyur, A. R. (2021). Wawasan Kepemimpinan Guru (Teacher Leadership) dan Konsep Guru Penggerak. Education and Learning Journal, 2(2), 101. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i2.113
Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.
Murniarti, E. (2017). Penerapan Metode Project Based Learning. Journal of Education, 3(2), 369–380.
Muzdalifah, A., Arafat, Y., & Selegi, S. F. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Etnosains terhadap Hasil Belajar SBdP di SD Muhammadiyah Prabumulih. Scientia: Jurnal Hasil Penelitian, 8(1), 37–46.
Nurhikmayati, I., & Sunendar, A. (2020). Pengembangan Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.604
Permendikbudristek Nomor 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah, 1 Kemendikbudristek 5 (2022).
Pernantah, P. S., Khadijah, K., Hardian, M., & Syafiq, A. (2022). Desain Pembelajaran Project Based Terintegrasi Kearifan Lokal Pada Mata Kuliah. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2022, 2020, 191–203.
Rahimah. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebingtinggi dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6(1), 92–106.
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students’ critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5e learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187–199. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29956
Ramlah, S., & Arsyad, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Sosiologi Terintegrasi Kearifan Lokal Masyarakat Timor sebagai Materi Penunjang Pembelajaran Sosiologi di SMA. Innovative Education Journal, 4(3), 166–174.
Copyright (c) 2024 Lampuhyang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.