Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Purwakerthi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing
Abstract
Penerapan model pembelajaran yang kurang tepat berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa, seperti yang dialami oleh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Purwakerthi dalam mata pelajaran Agama Hindu. Perlu diterapkan pembelajaran yang inovatif, salah satunya adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Purwakerthi dengan subyek penelitian 29 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes digunakan untuk memproleh data hasil belajar Pendidikan Agama Hindu. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu. Rata-rata hasil belajar Pendidikan Agama Hindu siswa dari 73,1 pada awal siklus 1 meningkat menjadi 77,41 diakhir siklus II. Jadi dapat disimpulkan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 4,31. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diajukan saran kepada pihak-pihak terkait seperti: kepada para pendidik di Sekolah Dasar Negeri 3 Purwakerthi khususnya guru Agama Hindu, untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing dalam pembelajaran Agama Hindu, lebih meningkatkan pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan metode yang variatif, dan berusaha untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing pada mata pelajaran lain karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Arikunto. 2000. Manajemen Penelitian Jakarta: Rineka Cipta
Bungin, Burhan. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. raja Grafindo Persada
Dantes. 1985. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. Singaraja: IKIP Singaraja
Depdiknas. 2002.Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
.2003. Undang –Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan N asional. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi.
Dimyati dan Moedjono. 1994 . Belajar dan Pembelajaran . Jakarta: Depdikbud
Dwija, I Wayan. 2005. Petunjuk Penyusunan Karya Ilmiah (bahan ajar).Amlapura:
STKIP Agama Hindu Amlapura
Faisal. S.2005. format-format Penelitian Sosial.Jakarta: Grafindo Persada
Grafura & Wijayanti. 2012. Metode dan strategi pembelajaran yang unik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Hadi,S.2000. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hasan, Iqbal. 2002. Pokok-pokok Materi Metodolog Penelitian & Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kusuma & Dwigita.2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks
Mardalis.2006. Metode Penelitian Suatu Pendekatan proposal. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Margono,S. 1996. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosada Karya
Narbuk, Cholid dan H Abu Achmadi.2005. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara
Popham, W. James dan Eva L.Baker. 2005. Teknik Mengajar Secara Sistematis. Jakarta: Rineka Cipta.
Ridwan,M.B.A.2003. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian.Bandung:Alfabeta.
Rochiati Wiraatmadja.2010.Metode penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sanjaya,Wina.2006.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan . Jakarta: Fajar Interpratama Offset
Setyawan D, dkk.2007.Materi Komputer dan Media Pembelajaran. Jakarta. Universitas Terbuka.
Sivananda, Sri Swami.2003. Intisari Ajaran Hindu. Surabaya: Pramita
Subagyo, J. 2004. Metodelogi Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sudjana,Nana. 2000. Dasar-Dasar Proses belajar Mengajar.Bandung:Sinar Baru Algesindo Offset.
Sugiyono. 2008. Metode penelitian Pendidikan (pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R &D). Bandung: Alfabeta
Surachmad,Winarno. 1990. Pengantar Interaksi Mengajar-Belajar Dasar dan Teknik Metodelogi Pengajaran. Bandung:Tarsito
Tim Penyusun. 2012. Bahan Ajar Metodologi Penelitian. Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Hindu Kementrian Agama RI.
Wanataputra, dkk.2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wahyudin H, dkk. 2004. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka
Zuhairini, H, dkk.1984. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Malang:Biro Ilmiah Fakultas Tarbiah IAIN Sunan Ampel Malang.
Copyright (c) 2024 Lampuhyang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.