Harmoni Tri Hita Karana Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar

  • I Wayan Jatiyasa STKIP Agama Hindu Amlapura
Keywords: Harmoni, Tri Hita Karana, Mutu Pendidikan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana Tri Hita Karana diterapkan dan bagaimana hal itu berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan di sekolah dasar. Studi ini bersifat kualitatif. Jenis purposive sampling digunakan untuk memilih subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik jenis statistik deskriptif, menggunakan pendekatan yang disebutkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai Tri Hita Karana dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang luas dan harmonis, mendukung peningkatan kualitas pendidikan di sekolah dasar, dan memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Parahyangan, pawongan, dan palemahan adalah tiga komponen utama yang memengaruhi kepala sekolah, guru, pegawai, dan siswa.

References

Anjani, Naraya Fitri, and Febriana Dafit. 2021. “Peran Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar.” Jurnal Mimbar PGSD Undiksha 9(3):481–88. doi: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40828.
Arsana, Anak Agung Putu;, and I. Gusti Agung Putri Wirastuti. 2019. “Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Tri Hita Karana Di Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini.” Pp. 1021–30 in Prosiding Nasional Inovasi dalam Penelitian Sains, Teknologi dan Humaniora. Denpasar: Universitas Dwijendra.
Atikah, Nur, and Yeni Resisca. 2021. “Peningkatan Mutu Dan Manajemen Pendidikan Di Sekolah Dasar.” Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan 21(1):1–9. doi: https://doi.org/https://doi.org/10.24036/pedagogi.v21i1.1034.
Jatiyasa, I. Wayan, and I. Nyoman Subadra. 2023. “Analisis Struktur Dan Nilai Pendidikan Agama Hindu Dalam Geguritan Usaba Dangsil.” Lampuhyang 14(2):177–91.
Rai, Ida Bagus et al. 2022. “Membangun Karakter Profil Pelajar Pancasila Berlandaskan Tri Hita Karana Dalam Perspektif Kehidupan Global.” 27(3):417–25.
Ritaudin, Akhmad. 2021. “Manajemen Budaya Mutu Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Sekolah Dasar.” Media Manajemen Pendidikan 3(3):397–406. doi: 10.30738/mmp.v3i3.5071.
Sabariah. 2022. “Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4(1):118–22. doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1764.
Saputro, Yogi, and Ni Luh Putu Wiardani Astuti. 2021. “Implementasi Ajaran Tri Hita Karana Dalam Meningkatkan Karakter Mahasiswa Di Lingkungan Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten.” Jawa Dwipa: Jurnal Penelitian Dan Penjaminan Mutu 2(2):164–72. doi: https://doi.org/10.54714/jd.v2i2.45.
Suastika, Nyoman et al. 2022. “Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Nilai-Nilai Tri Hita Karana Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Di Gugus VIII Kecamatan Sawan.” Jurdiksca: Jurnal Pendidikan Agama Hindu Mahasiswa Pascasarjana 1(1):1–10. doi: https://doi.org/10.55115/jurdiksca.v1i1.1906.g1543.
Sutrisno, Nanang. 2021. “Merespon Satyam Siwam Sundaram.” PHDI. Retrieved January 10, 2024 (https://phdi.or.id/artikel.php?id=merespon-satyam-siwam-sundaram).
Wikipedia. 2024. “Nilai.” Retrieved January 1, 2024 (https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/nilai).
Published
2024-07-11
How to Cite
Jatiyasa, I. W. (2024). Harmoni Tri Hita Karana Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar. Lampuhyang, 15(2), 140-153. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v15i2.386
Section
Articles