Peningkatan Motivasi Berprestasi Dan Prestasi Belajar Ipas Melalui Pembelajaran Kontekstual
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan motivasi berprestasi dan prestasi belajar IPAS antara yang mengikuti pembelajaran kontekstual dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 1V SDN 1 Banyuning. Sampel diambil dengan cara random sampling. Data motivasi berprestasi peserta didik diukur dengan menggunakan kuesioner motivasi berprestasi. Data prestasi belajar IPAS peserta didik diukur dengan menggunakan tes prestasi belajar. Data yang terkumpul dianalisis dengan Manova. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, motivasi siswa yang belajar dengan pembelajaran kontekstual secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional (F= 6,804; p<0,05). Kedua, prestasi belajar IPAS siswa yang belajar dengan pembelajaran kontekstual secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional (F= 15,034; p<0,05). Ketiga, secara simultan motivasi dan prestasi belajar IPAS antara siswa yang belajar dengan pembelajaran kontekstual secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional
References
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Candiasa, Made. 2007. Statistik Multivariat. Singaraja : Program Pascasarjana Undiksha.
Dantes, Nyoman. 2007. Analisis Varians. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Hakiim Lukmanul. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung : CV Wacana
Prima.
Hamdu Ghullam, dan Lisa Agustina 2014. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar. Twitter @belajarpsikolog.
Hamzah. 2009. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.
Mohamad Irham dan Novan Ardy Wiyani,2013. Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rosalin Elin. 2008. Gagasan Merancang Pembelajaran Kontektual. Bandung: PT Karsa Mandiri Persada.
Riduwan. 2009. Dasar-dasar Statistika. Bandung : Cv. Alfabeta.
Somantri. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 1999. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.
Sugiyono. 2006. Buku Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Sumiati dan Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung:CV Wacana Prima.
Wasliman Iim H dan M.Numan Somantri. 2009. Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Winataputra Udin S. Dkk.(2007). Materi dan pembelajaran IPS SD. Jakarta:
Universitas Terbuka
Copyright (c) 2024 Lampuhyang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.