Implementasi Kurikulum Merdeka Berorientasi Literasi Proyek Profil Pelajar Pancasila Untuk Meningkatkan Karakter Siswa Sd

  • Ni Ketut Erna Muliastrini . STKIP AH AMLAPURA
Keywords: Karakter, Kurikulum Merdeka, Literasi, Proyek Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Saat ini dunia pendidikan sedang dihadapkan pada kondisi dimana  siswa   mengalami degradasi terhadap nilai-nilai Pancasila. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai kasus penyimpangan  seperti tawuran,  perundugan,  pelecehan,  dan  berbagai permasalahan asusila lainnya.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk menganalisis  implementasi kurikulum merdeka berorientasi proyek profil  pelajar  Pancasila  di  sekolah  dasar.  Penelitian  ini  menggunakan  metode  kualitatif.  Subjek  dalam  penelitan  ini  yaitu  kepala  sekolah,  guru kelas, dan siswa Sekolah Dasar. Instrumen pengumpulan data menggunakan  instrument nin kognitif  berupa  kuesioner. Teknik   analisis   data   meliputi pengumpulan  data,  reduksi,  penyajian,  dan  simpulan.    Hasil penelitian pada setiap aspek diproleh hasil sebagai berikut. 1). Aspek beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa memiliki    persentase    skor    sebesar    86%. 2). Aspek berkebhinekaan   global   memiliki   persentase   sebesar   82%. 3). Aspek gotong   royong   memiliki   persentase   sebesar   80%. 4). Aspek kemandirian  memiliki  persentase  sebesar  82%. 5). Aspek berpikir kritis memiliki persentase sebesar 77%, dan 6). Aspek reatif memiliki   persentase   sebesar   79%. Dengan demikian, implementasi kurikulum merdeka berorientasi profil  pelajar  Pancasila  dapat meningkatkan karakter siswa sekolah dasar.

References

Efendi, N. (2020). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Lolong Belanti Padang. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 62. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2. 460.
Fajriansyah, I., Syafi, I., & Wulandari, H. (2023). Pengaruh Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Sikap Mandiri Siswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 6(2), 1570–1575.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumas pul.v6i1.3622.
Laksana, S. D. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Teknologi Pendidikan Abad 21. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(01), 14–22. https://doi.org/10.25217/jtep.v1i0 1.1289.
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. 1, 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1 .174.
Muhammad, M., Reinita, R., & Fitria, Y. (2020). Pendekatan Value Clarification Technique dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1480–1493. https://jptam.org/index.php/jptam/ article/view/614.
Nurdiana Sari, W., Faizin, A., Muria Kudus, U., & Hidayatul Mubtadiin, M. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 2023.
Okta Nadia, D., Desyandri, & Erita, Y. (2022). Merdeka Belajar Dalam Perspektif Filsafat Konstruktivisme. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 07, 878–887.
Pramasanti, R., Bramasta, D., & Anggoro, S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Tanggung Jawab dan Kerja Sama Dalam Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 Di SD Negeri 2 Berkoh. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48. https://doi.org/10.36232/jurnalpe ndidikandasar.v2i1.410.
Prihatmojo, A., Agustin, I. M., Ernawati, D., & Indriyani, D. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Di Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UMJ, 180–186.
Published
2024-07-11
How to Cite
Muliastrini ., N. K. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Berorientasi Literasi Proyek Profil Pelajar Pancasila Untuk Meningkatkan Karakter Siswa Sd. Lampuhyang, 15(2), 154-165. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v15i2.390
Section
Articles