Implementasi Kurikulum Merdeka Berorientasi Literasi Proyek Profil Pelajar Pancasila Untuk Meningkatkan Karakter Siswa Sd
Abstract
Saat ini dunia pendidikan sedang dihadapkan pada kondisi dimana siswa mengalami degradasi terhadap nilai-nilai Pancasila. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai kasus penyimpangan seperti tawuran, perundugan, pelecehan, dan berbagai permasalahan asusila lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kurikulum merdeka berorientasi proyek profil pelajar Pancasila di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitan ini yaitu kepala sekolah, guru kelas, dan siswa Sekolah Dasar. Instrumen pengumpulan data menggunakan instrument nin kognitif berupa kuesioner. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan simpulan. Hasil penelitian pada setiap aspek diproleh hasil sebagai berikut. 1). Aspek beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa memiliki persentase skor sebesar 86%. 2). Aspek berkebhinekaan global memiliki persentase sebesar 82%. 3). Aspek gotong royong memiliki persentase sebesar 80%. 4). Aspek kemandirian memiliki persentase sebesar 82%. 5). Aspek berpikir kritis memiliki persentase sebesar 77%, dan 6). Aspek reatif memiliki persentase sebesar 79%. Dengan demikian, implementasi kurikulum merdeka berorientasi profil pelajar Pancasila dapat meningkatkan karakter siswa sekolah dasar.
References
Fajriansyah, I., Syafi, I., & Wulandari, H. (2023). Pengaruh Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Sikap Mandiri Siswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 6(2), 1570–1575.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumas pul.v6i1.3622.
Laksana, S. D. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Teknologi Pendidikan Abad 21. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(01), 14–22. https://doi.org/10.25217/jtep.v1i0 1.1289.
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. 1, 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1 .174.
Muhammad, M., Reinita, R., & Fitria, Y. (2020). Pendekatan Value Clarification Technique dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1480–1493. https://jptam.org/index.php/jptam/ article/view/614.
Nurdiana Sari, W., Faizin, A., Muria Kudus, U., & Hidayatul Mubtadiin, M. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 2023.
Okta Nadia, D., Desyandri, & Erita, Y. (2022). Merdeka Belajar Dalam Perspektif Filsafat Konstruktivisme. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 07, 878–887.
Pramasanti, R., Bramasta, D., & Anggoro, S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Tanggung Jawab dan Kerja Sama Dalam Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 Di SD Negeri 2 Berkoh. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48. https://doi.org/10.36232/jurnalpe ndidikandasar.v2i1.410.
Prihatmojo, A., Agustin, I. M., Ernawati, D., & Indriyani, D. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Di Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UMJ, 180–186.
Copyright (c) 2024 Lampuhyang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.