Penguatan Literasi Dasar Dalam Implementasi Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terkait penguatan literasi dan numerasi yang dapat dilakukan untuk mendukung pemerintah dalam kebijakan merdeka belajar di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah metode studi pustaka, yaitu memperoleh data, bahan dan rujukan dari berbagai sumber seperti buku, artikel, hasil penelitian, dan peraturan pemerintah yang berhubungan dengan kebijakan merdeka belajar dan penguatan literasi numerasi di Sekolah Dasar. Mewujudkan merdeka belajar melalui kebijakan pemerintah selain memfokuskan pada karakter namun juga proses pembelajaran dalam evaluasi berupa asesmen (AKM) dalam upaya memperkuat literasi dan numerasi dapat dilakukan dengan menerapkan budaya literasi dan numerasi di sekolah, pembentukan team literasi sekolah (TLS), melibatkan pihak ketiga, menggerakkan komunitas praktisi dan juga menjalankan program-program sekolah yang melibatkan peserta didik secara langsung untuk penguatan literasi dan numerasi. Literasi dan numerisasi menjadi kompetensi minimum atau kompetensi dasar yang dibutuhkan peserta didik untuk bisa belajar. Pelaksanaan asesmen tersebut akan dilakukan oleh peserta didik yang berada di tengah jenjang sekolah, sehingga dapat mendorong guru dan sekolah untuk memperbaiki mutu pembelajaran.
References
Djoko Damono, S. (Various Years). Kumpulan Puisi Anak. Gramedia Pustaka Utama.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Kurikulum 2013: Kompetensi Dasar Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kompas Gramedia. (Various Years). Cerita-Cerita Rakyat Nusantara. Kompas Gramedia.
Markham, T. (2017). Project-Based Learning: Creating a Modern Education of Curiosity, Innovation, and Impact. Sense Publishers.
Mustofa, A. (2012). Seru Belajar Matematika. PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Solihatin, E., & Wahyuni, S. (2015). Cerita-Cerita Matematika. PT Pustaka Pelajar.
Vacca, R. T., & Vacca, J. L. (2017). Teaching Reading and Writing: A Guidebook for Teachers. Pearson.
Copyright (c) 2024 Lampuhyang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.