Implementasi Blended-Collaborative Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa Pgsd
blended collaborative, literasi sains.
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan dampaknya
terhadap lingkungan menjadikan penguasaan literasi sains dewasa ini sangat
penting untuk dilakukan, mengingat keduanya membutuhkan latar belakang
keilmuan. Literasi sains saat ini menjadi salah satu fokus pendidikan dunia
dimana upaya peningkatan literasi sains masih menjadi permasalahan bagi
beberapa negara salah satunya Indonesia. Hasil penilaian literasi sains
Indonesia selama delapan belas tahun terakhir selalu berada pada posisi
terbawah. Penelitian-penelitian terdahulu juga menunjukkan rendahnya
literasi sains mahasiswa di berbagai jenjang pendidikan. Oleh karena itu,
penelitian difokuskan untuk meningkatkan literasi sains mahasiswa PGSD
STKIP Agama Hindu Amlapura melalui Blended-Collaborative Learning.
Penelitian tindakan kelas ini mengadopsi model Kemmis & McTaggart
yang dilaksanakan selama 3 siklus yang dilakukan dengan perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah
mahasiswa PGSD STKIP Agama Hindu Amlapura pada semester ganjil
tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, angket, dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi.
Indikator keberhasilan tindakan dinilai dari aktivitas dosen dan mahasiswa
dalam proses pembelajaran dengan menerapkan Blended-Collaborative
Learning melalui lembar observasi yang dinilai oleh observer berdasarkan
skala penilaian mencapai 85% dan hasil tes literasi sains mahasiswa sebesar
80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Blended
Collaborative Learning dapat meningkatkan literasi sains mahasiswa.
References
Suryani, N. (2019). Development
frameworks of the Indonesian
partnership 21 st -century skills
standards for prospective science
teachers: A Delphi study. Jurnal
Pendidikan IPA Indonesia, 8(1),
89–100.
https://doi.org/10.15294/jpii.v8i1.
11647
Ahied, M., Muharrami, L. K.,
Fikriyah, A., & Rosidi, I.
(2020). Improving students’
scientific literacy through
distance learning with
augmented reality-based
multimedia amid the covid-19
pandemic. Jurnal Pendidikan
IPA Indonesia, 9(4), 499–511.
https://doi.org/10.15294/jpii.v9
i4.26123
Al Sultan, A., Henson, H. J., &
Fadde, P. J. (2018). Pre-Service
Elementary Teachers’
Scientific Literacy and Self
Efficacy in Teaching Science.
IAFOR Journal of Education,
6(1), 25–42.
Ariyanto, S. R., Munoto, Muslim, S.,
& Muhaji. (2019).
Collaborative Problem-Based
Learning Models
Implementation in Vocational
High Schools. 379(Veic), 238
245.
https://doi.org/10.2991/assehr.k
.191217.039.
Enfield, J. (2013). Looking at the
Impact of the Flipped
Classroom Model of Instruction on Undergraduate
Multimedia Students at CSUN.
TechTrends,
57(6),
14–27.
https://doi.org/10.1007/s1152
8-013-0698-1.
Faisal, & Martin, S. N. (2019).
Science education in Indonesia:
Past, present, and future. Asia-
Pacific Science Education, 5(1), 1
29.
https://doi.org/10.1186/s41029-019-0032-0
Fakhriyah, F., Masfuah, S., &
Mardapi,
D.
(2019).
Developing scientific literacy
based teaching materials to
improve
students’
computational thinking skills.
Jurnal Pendidikan IPA Indonesia,
8(4),
482–491.
https://doi.org/10.15294/jpii.v
8i4.19259.
Herawati, R. F., Mulyani, S., &
Redjeki,
T.
(2013).
Pembelajaran Kimia Berbasis
Multiple Representasi Ditinjau
dari
Kemampuan
Awal
Terhadap Prestasi Belajar Laju
Reaksi Siswa SMA Negeri I
Karanganyar Tahun Pelajaran
2011/2012. Jurnal Pendidikan
Kimia (JPK), 2(2), 38–43.
OECD. (2019). PISA 2018 Results.
In
OECD
Publishing.
https://doi.org/10.1787/g222d1
8af- en.
Pahrudin, A., Irwandani, Triyana,
E., Oktarisa, Y., & Anwar, C.
(2019). The analysis of pre-
service physics teachers in
scientific literacy: Focus on the
competence and knowledge
aspects.
Jurnal
Pendidikan IPA
Indonesia, 8(1),
43-53.
Shaffer, J. F., Ferguson, J., &
Denaro, K. (2019). Use of the
Test of Scientific Literacy
Skills
Reveals
That
Fundamental Literacy Is an
Important
Contributor
to
Scientific Literacy. CBE Life
Sciences Education, 18(31), 1
10.
https://doi.org/10.1187/cbe.18
12-0238.
Zainab, Z., Wati, M., & Miriam, S.
(2017).
Pengembangan
Instrumen Kognitif Literasi
Sains Pada Pokok Bahasan
Tekanan Di Kelas Viii Smp
Kota Banjarmasin. Jurnal
Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3),
113.
https://doi.org/10.20527/jipf.v
1i3.1014
Copyright (c) 2025 JURNAL LAMPUHYANG STKIP AMLAPURA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.