Menakar Potret Idealitas dan Realitas Perilaku Mengajar Guru Melalui Supervisi Klinis

Keywords: Supervisi Klinis, Idealitas-Realitas, Perilaku Mengajar Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Potret Idealitas dan Realitas Perilaku Mengajar Guru Melalui Supervisi Klinis. Sebagai tenaga profesional, maka guru harus mampu menyelenggarakan pembelajaran yang bermutu, yang dapat menghasilkan generasi yang terdidik, generasi yang mampu bersaing secara global dan memiliki moral yang baik. Namun, dalam realitasnya masih banyak perilaku mengajar guru di sekolah-sekolah yang masih sangat jauh dari kata profesional atau ideal. Banyak guru yang mengalami masalah/kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran seperti, guru tidak mampu menerapkan proses pembelajaran yang semestinya, tidak mempunyai kreativitas dalam menyampaikan pelajaran, serta masih banyak kekurangan guru lainnya. Hal ini tentu dapat menghambat proses pembelajaran. Berangkat dari fenomena tersebut, supervisi klinis merupakan jawaban untuk mengatasi permasalahan guru dalam pembelajaran. Melalui supervisi klinis guru akan mendapatkan bimbingan dan bantuan untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi, dengan proses yang sistematis meliputi: perencanaan, observasi dan pengkajian hasil observasi atas perilaku nyata mengajar guru. Sehingga melalui pelaksanaan supervisi klinis kinerja guru dapat ditingkatkan secara optimal yang dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang berkualitas.

References

Aziz, Amrullah. (2017). Supervisi Pendekatan Klinik. Pancawahana: Jurnal Studi Islam, 12(1), 66-83. Diakses pada 27 Mei 2022 melalui http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/pwahana/article/view/2906
Masmin, Desak Nyoman. (2020). Penerapan Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Education Action Research, 4(4), 508-513. Diakses pada 26 Mei 2022 melalui https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index
Multazam, Ulil. (2019). Variasi Dan Teknik Supervisi Klinis. Ta’dibi: Jurnal Prodi Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 130-148.
Mulyana, Aina. (2018). Pengertian Dan Supervisi Klinis. Pendidikan Kewarganegaraan. Diakses pada 28 Mei 2022 melalui https://ainamulyana.blogspot.com/2015/05/pengertian-dan-tujuan-supervisi-klinis.html?m=1
Pintek, Admin 2. (2020). 4 Standar Kompetensi Guru yang Wajib Dimiliki di Era Digital. Pintek Blog. Diakses pada 26 Mei 2022 melalui https://pintek.id/blog/kompetensi-guru/?amp=1
Purba, Sukarman. (2011). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. Generasi Kampus, 4(1), 107-121. Diakses pada 26 Mei 2022 melalui https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/7023
Santosa H., & Nusyirwan. (2019). Bahan Ajar Pengantar Supervisi Akademik.
Shaifudin, Arif. (2016). Supervisi Klinis Solusi Mempertemukan Idealitas-Realitas Perilaku Mengajar Guru. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 3(2), 128 - 143. Diakses pada 26 Mei 2022 melalui http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/2011
Sibagariang, D. ., Sihotang, H. ., & Murniarti, E. (2021). Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia.
Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88-99.
Tanama, Yulia J., Achmad S., & Burhanuddin. (2016). Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11), 2231-2235. Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Published
2025-01-23
How to Cite
Ningsih, N. P. (2025). Menakar Potret Idealitas dan Realitas Perilaku Mengajar Guru Melalui Supervisi Klinis. LAMPUHYANG, 16(1), 13-21. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v16i1.420
Section
Articles