Model Sadhu Dalam Pembelajaran Dharmagita Untuk Pemahaman Spiritual Mahasiswa Stkip Agama Hindu Amlapura

  • I Wayan Jatiyasa
Keywords: Dharmagita, Model SADHU, pembelajaran, pemahaman spiritual

Abstract

Dharmagita merupakan salah satu warisan seni spiritual dalam tradisi Hindu yang kaya akan nilai moral dan spiritual. Lagu suci ini tidak hanya menjadi media budaya, tetapi juga sarana untuk menyampaikan ajaran dharma yang relevan dalam pembentukan karakter generasi muda, khususnya mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan Model SADHU dalam pembelajaran Dharmagita di STKIP Agama Hindu Amlapura. Model SADHU, yang terdiri dari lima langkah utama: Sambutan, Aturan, Dengar dan Coba, Hayati, serta Umpan Balik, menawarkan pendekatan holistik yang tidak hanya berfokus pada aspek teknis menyanyi, tetapi juga pada penghayatan makna spiritual yang terkandung dalam teks Dharmagita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek 20 mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Agama Hindu. Data diperoleh melalui kuesioner, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model SADHU meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap teknik menyanyi dan pesan moral dalam Dharmagita, sekaligus memfasilitasi pengalaman spiritual yang lebih mendalam.

References

Dwiyana, I. Made Ngurah. 2020. “Impelementasi Pembelajaran Dharma Gita Dalam Membangun Karakter Siswa SD Negeri 5 Tulamben.” Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan 20(2):135–41.
Fridayanti. 2015. “Religiusitas, Spritualitas dalam Kajian Psikologi dan Urgensi Perumusan Religiusitas Islam.” Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi 2(2):199–208.
Fry, Louis W. 2003. “Toward a Theory of Spiritual Leadership.” The Leadership Quarterly 14(6):693–727. doi: https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2003.09.001.
Gatriyani, Ni Putu; I. Wayan Jatiyasa. 2022. “Pembinaan Keterampilan Dharmagita Pada Sekaa Teruna Teruni Di Banjar Dinas Pura Desa Sebudi Kecamatan Selat Kabupaten Karangasem.” Dharma Jnana 2(2):73–84.
Hasan. 2010. “Spiritualitas dalam Perilaku Organisasi.” Jurnal Dinamika Ekonomi Dan Bisnis 7(1):81–92.
I Ketut Sudarsana; G. A. P. Yuni Arwani. 2018. “Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Pelaksanaan DharmagitapPada Sekaa Teruna.” Kamaya: Jurnal Ilmu Agama 1(1):1–18.
Pratiwi, Ni Kadek Sinta. 2022. “Metode Pembelajaran Dasa Dharma Sebagai Implementasi Pendidikan Holistik.” Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin 2(3):133–45.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Published
2025-01-23
How to Cite
Jatiyasa, I. W. (2025). Model Sadhu Dalam Pembelajaran Dharmagita Untuk Pemahaman Spiritual Mahasiswa Stkip Agama Hindu Amlapura. LAMPUHYANG, 16(1), 141-148. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v16i1.424
Section
Articles