Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Savi dengan Teknik Gallery Walk melalui Media Daring Pendidikan Agama Hindu pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Abang
Abstract
Tirta Novi Yanti, Ni Komang, 2022, Tesis. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SAVI Dengan Teknik Gallery Walk Melalui Media Daring Pendidikan Agama Hndu Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kecamatan Abang. Pembimbing (1) Dr Wayan Paramartha,SH., M.Pd, Pembimbing (2) Dr. Ni Made Sukrawati, S.Ag.,M.Si.
Mengingat pentingnya pendidikan khususnya Pendidikan Agama Hindu di era pandemi, guru dituntut mampu merancang pembelajaran di kelas secara kreatif dan inovatif, namun guru Pendidikan Agama Hindu cenderung menggunakan metode ceramah yang dirasa dengan penggunaan metode ceramah, materi pelajaran tersampaikan langsung pada siswa dan guru tidak akan kekurangan waktu di dalam menyelesaikan bahan ajar, dari hal tersebut akibatnya anak menjadi pasif, artinya siswa tidak serius mendengarkan, melihat, menyimak, dan susah mengerti apa yang disampaikan oleh guru.Seperti yang dialami oleh siswa kelas V SD di Kecamatan Abang (SD N 1 Purwakerthi,SD N 2 Purwakerthi,SD N 1 Kesimpar).Bertitik tolak dari hal tersebut perlu diimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe SAVI dengan teknik Gallery Walk melalui media daring. Adapun tujuan penelitian ini yakni untuk menganalisis alasan, proses dan implikasi implementasi model pembelajaran kooperatif tipe SAVI dengan teknik Gallery Walk melalui media daring Pendidikan Agama Hindu pada siswa kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Abang. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif, penelitian kualitatif untuk menganalisis alasan terjadinya, proses implementasi, dan implikasi dari implementasi model pembelajaran kooperatif tipe SAVI dengan teknik Gallery Walk melalui media daring Pendidikan Agama Hindu pada siswa kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Abang. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: 1)Teknik Observasi, 2)Teknik Wawancara, 3)Studi Kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan alasan diimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe SAVI dengan teknik Gallery Walk melalui media daring yakni, 1)efesiensi waktu pembelajaran,2)mengurangi kebosanan siswa,3)mudah digunakan,4) mendukung aktivitas siswa,5)pembelajaran menjadi menyenangkan,6)membangun sikap positif,7)melatih keterampilan berkomunikasi.Proses implementasi model pembelajaran kooperatif tipe SAVI dengan teknik Gallery Walk melalui media daring Pendidikan Agama Hindu pada siswa kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Abang (SD Negeri 1 Purwakerthi, SD Negeri 2 Purwakerthi, SD Negeri 1 Kesimpar) secara umum melalui 3 (tiga) tahapan, yaitu tahap pendahuluan, inti, dan penutup.Penelitian ini berimplikasi pada siswa, berimplikasi pada guru dan berimplikasi terhadap keluarga.
References
Baharudin. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: AR-Ruzz Media
Bogdan, Robert C. dan Biklen Kopp Sari.2007. Qualitative Research For Education : An Introdution to Theory and Methods. Allyn And Bacon, Inc: Boston London.
Depdiknas.2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional: Depdiknas RI.
Dimyati dan Moedjono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Eggen, P.D & Kauchack, P.P.2011. Strategies for teacher: Teaching Conten and Thinking Skills. Boston: Ally &Bacon
Endraswara. 2017. Metode, Teori, Teknik, Penelitian Kebudayaan:Ideologi, Epistimologi,dan Aplikasi. Yogyakarta. Pustaka Widyatama.
Ibnu Faqih. 2013. Model Pembelajaran Gallery Walk (Online). http://ibnu-faqih.blogspot.co.id/2013/10/model-pembelajaran-gallery-walk.html?m=1. Diunduh tanggal 03 Januari 2018.
Ibrahim, M. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Berbasis Pendidiksn Karakter di Sekolah Dasar. Surabaya: UNESA-University Peers Surabaya.
James P. Spradley.2007. Metode Entografi. Yogyakarta: Tiara Wacana, Edisi II
Kusmayadi, Ismail. 2008. “Think Smart Bahasa Indonesia”. Bandung : Grafindo Media Pratama
Lee, Anita. 2010. Cooperative Learning, Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo.
Meier, Dave. 2005. The Accelerated Learning Handbooks: Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan. Diterjemahkan oleh Rahmani Astuti. Bandung: Kaifa. (Alih Bahasa : RaisulMuttaqien). rev.ed. Bandung : Nusamedia
Slavin, Robert. 2015. Cooperative Learning Teor, Research, dan Practice. Bandung: Nusamedia .
Subagiyo, Joko.2015. Metode Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono.2019. Metodologi Penelitian.Sukuharjo: Alpabeta.
Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Moleong, L. J., 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana 2014. Dasar-Dasar Proses Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Nurdin Usman. 2012. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Bandung: CV Sinar Baru
Nurul, Zuriah. 2011. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Persfektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara
Nawawi, Hadari.2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Rusman, 2018. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.
Sagala, Syaiful.2013. Konsep Dan Makna Pembelajaran.Bandung:Alfabeta
Silberman, Melvin L. 2016. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif
Sujana, Nana dan Ahmad Rivai.2014. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suwarno, Wiji. 2017. Dasar- Dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Titib, I Made. 2006. Pendidikan Budi Pekerti untuk Anak. Denpasar: Yayasan Dharma Sastra.
Zubaidi.2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media
Copyright (c) 2023 LAMPUHYANG

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.