Metode Pembelajaran Hindu Melalui Ajaran Sad Dharma

  • Ayu Widha Erlia STKIP Agama Hindu Amlapura
Keywords: Metode Pembelajaran, Pembelajaran Hindu, Sad Dharma

Abstract

Pembelajaran pendidikan agama Hindu memiliki keunikan yang tidak sama dengan pembelajaran lainnya. Secara spesifik pendidikan agama Hindu bertujuan untuk menciptakan manusia yang cerdas baik dalam susila, berbudi luhur, dan bijak serta menyiapkan kematangan dan daya resistensi peserta didik untuk menyesuaikan diri pada lingkungan fisik dan sosial dengan jalan meyakini dan mengamalkan ajaran agama dalam menjalani keseharian bermasyarakat. metode pembelajaran hindu adalah cara atau jalan yang ditempuh oleh guru di dalam menyampaikan materi pelajaran agama hindu kepada siswa untuk mencapai tujuan pengajaran itu sendiri. Metode penelitian yang digunakan saat ini adalah kualitatif, dengan menggunakan teknik penelitian studi dokumentasi.

Tujuan penggunaan metode pengajaran adalah meningkatkan kegiatan belajar mengajar siswa sehingga hasil belajar mengalami peningkatan. Salah satu metode pembelajaran hindu yakni Sad Dharma yang terdiri dari dharma wacana, dharma tula, dharma gita, dharma shanti, dharma sadhana dan dharma yatra. Sad dharma merupakan enam cara yang dicapai untuk penanaman nilai-nilai agama Hindu ke dalam kepribadian peserta didik untuk memperkuat sradha dan bhakti yang senantiasa dan patut di tanamkan oleh peserta did

References

Arsini, Wayan., Rajendra, Made., & Dwi Oktaviani, M.A. (2023) Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Melalui Metode Dasa Dharma. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan,

Brahmani Putri, A.N.(2022). Strategi Pendidikan Agama Hindu Berbasis Sad Dharma. Jurnal Ilmu Agama.

Fitri, Agus Zaenul & Nik Haryanti. 2020. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang : Madani Media.

Jendra, I. W. (2000). Metode Dharmawacana & Etika Berbicara Dalam Pembinaan. Denpasar: PT BP. Kemp, J. E. (1994). Design Effective instruction. Jerman: Macmillan College Publishing Company.

Moleong, L. J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Badung: PT. Remaja Rosdakarya. Nawawi, H. (1993). Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Satori, Djam’an dan Komariah Aan. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Sugiyono. 2014. Cara Mudah Menyusun : Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta Bandung.

Suhardi, Untung. 2018. Strategi Komunikasi Penyuluh agama Hindu (Studi Pembinaan Umat Hindu Di DKI Jakarta) Dharmasmrti Vol 9 No 2 Oktober 2018
Published
2023-07-01
How to Cite
Erlia, A. (2023). Metode Pembelajaran Hindu Melalui Ajaran Sad Dharma. Lampuhyang, 14(2), 25-35. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v14i2.349
Section
Articles