Nilai-Nilai Pendidikan Agama Hindu Pada Upacara Usabha Gede Di Pura Segara Bulakan Desa Datah Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray untuk meningkatkan keaktifan belajar Pendidikan Agama Hindu kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Purwakerthi. Rancangan yang digunakan adalah PTK dengan subjek sebanyak 25 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi untuk mendapatkan data keaktifan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dapat meningkatkan keaktifan belajar Pendidikan Agama Hindu. Rata-rata skor keaktifan belajar siswa dari 18,81 pada awal siklus 1 meningkat menjadi 28,06 pada akhir siklus II (tergolong sangat aktif). Jadi dapat disimpulkan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray , keaktifan belajar meningkat sebesar 9,25 Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diajukan saran kepada pihak-pihak terkait seperti: kepada para pendidik di Sekolah Dasar Negeri 2 Purwakerthi khususnya guru Agama Hindu, untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dalam pembelajaran Agama Hindu
References
Depdiknas.2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional: Depdiknas RI.
Dimyati dan Moedjono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwija 2006. Metedologi Penelitian Pendidikan Amlapura: STKIP Agama Hindu Amlapura.
Hadi,S. 2000. Statistik Jilid 1. Yogyakarta: Andi Heryanto.
Hasan, H dan Iqbal. 2002. Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Ibrahim, M dan Nur, M. 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: UNESA-University Peers Surabaya.
Kunandar. 2007. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Lee, Anita. 2010. Cooperative Learning, Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo.
Nana Sudjana 2002. Dasar-Dasar Proses Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Copyright (c) 2024 Lampuhyang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.