Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar IPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar IPA pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Rancangan penelitian ini menggunakan pola dasar The Posttest Only Control Group dengan jenis eksperimen semu. Sampel penelitian berjumlah 56 siswa. Data yang dikumpulkan adalah motivasi berprestasidan hasil belajar IPA. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, motivasi berprestasi siswa yang belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STADsecara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional (F= 79,790; p<0,05). Kedua, hasil belajar IPAsiswa yang belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STADsecara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional (F= 41,804; p<0,05). Ketiga, secara simultan motivasi berprestasi dan hasil belajar IPAantara siswa yang belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional.
References
Dantes, Nyoman. 2012. Statistik Test. Singaraja: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Depdiknas. 2006. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Komariah, Siti. 2012. Penerapan Metode Latihan Berstruktur sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD No. 3 Pecatu Kecamatan Kuta Selatan. Tesis. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning: Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Rapini, Ni Made. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Nomor 3 Mambal Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Copyright (c) 2020 Journal Lampuhyang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

.png)
.png)


