Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbasis Lingkungan terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD

  • Ni Ketut Erna Muliastrini Stkip Agama Hindu Amlapura
Keywords: Model Pembelajaran inquiri terbimbing, keterampilan berpikir kreatif, prestasi belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan literasi sains dan prestasi belajar IPA antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran inquiri terbimbing dengan siswa yang mengikuti model Pembelajaran Konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Gugus I Kecamatan Bebandem. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data kemampuan literasi sains dan prestasi belajar IPA diukur dengan menggunakan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan Manova. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan: 1) Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif dan prestasi belajar IPA antara  siswa yang belajar dengan  model pembelajaran inquiri terbimbing berbasis lingkungan  dengan  siswa yang belajar dengan  model pembelajaran konvensional; 2) Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif antara  siswa yang belajar dengan  model pembelajaran inquiri terbimbing berbasis lingkungan dengan  siswa yang belajar dengan  model pembelajaran konvensional; 3) Terdapat perbedaan prestasi belajar IPA antara  siswa yang belajar dengan  model pembelajaran inquiri terbimbing berbasis lingkungan  dengan  siswa yang belajar dengan  model pembelajaran konvensional.

References

Arifin, Zaenal. 1990. Evaluasi Instruksional Prinsip-Teknik-Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dedi Supriadi. 1994. Kreativitas, Kebudayaan & Perkembangan IPTEK. Bandung: Alfabeta.

Iskandar, Srini M. 1997. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Depdikbud.

Jeo Exlin, 2004. Workshop Inquiry Based Learning. hhtp://www.thirteen. org/ edonline/concept2class/inquiry/index.html. diakses 25 Juni 2009.

Munandar, SCU. 1992. Kreativitas dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Munandar SCU. 1999. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT Gramedia.

Mulyasa. 2008. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UNM.

Permen 22.thn 2006. Standar Isi Pendidikan Nasional.

Puskur. 2007. Gagasan Kurikulum Masa Depan. Depdiknas Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Redhana, I Wayan. 2009. Pengembangan Program Pembelajaran Berbasis Masalah Terbimbing Untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada mata Pelajaran Kimia SMA. Disertasi.Bandung: UPI.

Rosyada, Dede. 2004. Paradigma Pendidikan Demoktratis Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sadia, I Wayan, dkk. 2003. Pengembangan Model Belajar Perubahan Konseptual di SMA. Laporan Penelitian. IKIP Negeri Singaraja.

Sadia, I Wayan, dkk. 2004. Pengembangan Model dan Strategis Pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah Umum (SMU) untuk Memperbaiki Miskonsepsi siswa. Laporan Penelitian. Singaraja : IKIP N.

Samiawan, C., dkk. 1998. Petunjuk layanan dan Kecerdasan Anak. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Suastra, I Wayan, dkk. 2003. Implementasi Pembelajaran Berbasis Inquiri di SLTP. Laporan Penelitian. IKIP Negeri Singaraja.

Suastra, I Wayan, dkk. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran IPA Bagi Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Laporan Penelitian. Singaraja: Undiksha.

Suastra, I Wayan. 2009. Pembelajaran Sains Terkini Mendekati Siswa dengan LingkunganAlamiah dan Sosial Budayanya. Singaraja: Undiksha.

Suparno, Paul. 2001 Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Supriadi, D. 2001. Kreativits, Kebudayaan, dan Perkembangan IPTEK. Bandung: Alfabeta.

Surya, Dewi M. 2003. Gerak Tari Kreatif Siswa dan Minat Tari Kreatif Siswa terhadap Keberhasilan Belajar Menari Kreatif Siswa SLTP Santa Ursula Jakarta. Tesis. PPS Fakultas Psikologi UI.

Suryana. 2003. Kewirausahaan. Jakarta: Selemba Empat.

Susiana, Nancy. 2008. Program Pembeljaran Kimia untuk Menumbuhkan Sikap Wirausaha Siswa SMA.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi KonstruktivistikKonsep, Landasan, Teoritis-Praktis, dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trihastuti, Singgih. 2008. Filosofis sains. http://lpmpjogja.diknas.go.id.diakses 25 Juni 2009.

Warpala, I Wayan Sukra. 2007. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dalam Setting Kooperatif STAD terhadap Kterampilan Berpikir pada Pembelajaran SD. Laporan Penelitian. Singaraja: Undiksha.

Zamrosi. 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf Publishing.
Published
2020-05-26
How to Cite
Muliastrini, N. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbasis Lingkungan terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD. LAMPUHYANG, 10(1), 16-30. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v10i1.173
Section
Articles