Logika dalam Berbahasa Indonesia (Suatu Tinjauan Filsafat Bahasa)

  • Kadek Wirahyuni Stkip Agama Hindu Amlapura
  • Ni Kadek Juliantari Stkip Agama Hindu Amlapura
Keywords: logika, berbahasa Indonesia, filsafat bahasa

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan logika dalam bahasa masyarakat, kaitan/hubungan antara fakta dan logika dalam berbahasa Indonesia, penggunaan kalimat efektif dalam kaitannya dengan logika berbahasa, dan salah nalar yang terjadi dalam berbahasa Indonesia. Hasil analisis menunjukkan bahwa Bahasa yang digunakan dalam masyarakat kadang kala tidak logis atau bahasa yamh mengandung ketidaknalaran. Kata ketidaknalaran mengandung pengertian adanya sesuatu yang tidak sesuai dengan nalar atau logika (logic). Ketidaklogisan atau kesalahnalaran itu tercermin dalam bahasa yang kita produksi dalam bentuk tutur. Ujaran atau tutur kita jadinya dapat mencerminkan cara kita berpikir, sehingga muncul ungkapan bahasa yang logis dan bahasa yang tidak logis. Bahasa ternyata tidak selalu tunduk kepada kebenaran fakta dan kebenaran penalaran secara logika. Di satu sisi bahasa harus tuntuk kepada logika dan di sisi lain bahasa tidak selamanya tunduk kepada logika. Penggunaan atau penataan kalimat juga berkaitan dengan logika. Kalau sebuah kalimat memiliki sebuah kata yang tidak berfungsi, kalimat tersebut disebut kalimat mubazir, dan dianggap tidak efektif. Adanya kata yang mubazir itu juga menyebabkan kalimat itu tidak benar dan tidak logisĀ  karena penutur tidak mengikuti alur penalaran yang benar. Ada beberapa corak berpikir salah atau salah nalar, yang dapat menghasilkan kalimat-kalimat yang tidak dapat diterima akal sehat atau tidak logis. Corak yang dapat menyebabkan salah nalar di antaranya adalah dalam wujud generalisasi atau stereotype.

References

Mundiri, H. 2006. Logika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Poedjawijatna. 2002. Logika Filsafat Berpikir. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudiara, I Nyoman Seloka. 2006a. Antara yang Lazim dan yang Benar:
Sisi-sisi Praktis Penggunaan Bahasa Indonesia. Singajara: IKIP Negeri
Singaraja.

Sudiara, I Nyoman Seloka. 2006b. Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.

Sulaga, I Nyoman, dkk. 1987. Kumpulan Makalah, Selayang Pandang Kosa Kata
Bahsa Indonesia, Beberapa Masalah Pemakaian Afiks dalam Bahasa Indonesia,
Meningkatkan Mutu Tes Pilihan

Ganda dari Sudut Kebahasaan dan Isi. Denpasar: Balai Penelitian Bahasa.

Sulaga, I Nyoman, dkk. 1988. Kalimat Efektif: Penuntun Praktis Menyusun Kalimat yang Benar. Denpasar: Universitas Udayana Denpasar.

Sumardi, Muljanto. 1981. Majalah Pembinaan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Bhratara Karya Aksara.

Sumarsono, M.Ed., Prof. Dr. 2002. Buku Ajar Filsafat Bahasa. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.

Surajiyo, Drs. 2007. Dasar-dasar Logika. Jakarta: Bumi Aksara
Published
2019-01-01
How to Cite
Wirahyuni, K., & Juliantari, N. K. (2019). Logika dalam Berbahasa Indonesia (Suatu Tinjauan Filsafat Bahasa). LAMPUHYANG, 10(1), 46-60. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v10i1.175
Section
Articles