Five Love Languange Dalam Perspektif Pendidikan IPS Sebagai Upaya Mencegah Delinkuensi Pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Siswa di tingkat sekolah dasar mengalami delinkuensi yang diakibatkan oleh kebutuhan psikologis anak yang tidak terpenuhi dengan baik. Sebagai dampaknya, tujuan pendidikan IPS yang memiliki peran sangat penting dalam membentuk karakter siswa menjadi warga negara yang baik tentu akan terhambat. Maka, diperlukan teknik yang tepat untuk mewujudkan hal tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui teknik five love language dalam memenuhi kebutuhan psikologis siswa sehingga siswa menumbuhkan perilaku yang berkarakter dan positif. Teknik analisis data adalah dengan analisis deskriptif kualitatif. Kesimpulan penelitian ini adalah, Konsep five love language menjadi teknik yang dapat diterapkan oleh guru di sekolah dasar sehingga dapat menguatkan psikologi siswa. Sebagai dampak lanjutannya, siswa dapat menghindarkan diri dari perilaku-perilaku menyimpang seperti delinkuensi.
References
Lasmawan Wayan. (2010). Menelisik Pendidikan IPS Dalam Perspektif Kontektual-Empiris. Singaraja: Mediakom Indonesia Press Bali.
Mulyadi, John S. 2001. Sistem Perencanaan Pengendalian Management. Jakarta:Salemba.
Nurjan Syarifan. (2019). Perilaku Delinkuensi Remaja Muslim. Yogyakarta: Samudra biru (anggota IKAPI).
Kartono Kartini. (2006). Patologi Sosial 2 Kenakalan Remaja. Jakarta: Rajagrafindo.
Kompas. (2022) Atasi Perundungan, Psikolog: Sekolah Harus Lakukan Pengawasan dan Evaluasi. https://www.kompas.com/edu/read/2022/09/06/105047871/atasi-perundungan-psikolog-sekolah-harus-lakukan-pengawasan-dan-evaluasi?page=all. Diakses pada tanggal 4 Januari 2023.
Priani Setya Latifa dan Batam Dian Juliarti. (2022). Bahasa Cinta Dalam Perspektif Psikologi. Jurnal psikologi. Vol. 8, 2022.
Price, J. (2008). Parent-child quality time (does birth order matter?). Journal of Human Resources, 43 (1), 240-265.
Romas Muslimah Zahro. (2006). Pengaruh Pujia Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, Vol 2, 2006.
Waterworth, P. (2000). The Spirit Of Cooperation: Using Cooperative learning
strategies in teacher education in Australia anda Thailand. Thailand:
UNESCO-ACEID.
Copyright (c) 2023 LAMPUHYANG

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.