PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh pendekatan saintifik terhadap motivasi dan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan The Posttest-Only Control-Group Desain. Populasi penelitian adalah siswa kelas VI SD di wilayah SDN 3 Sambangan, Karangasem. Sampel penelitian dalam penelitian ini berjumlah 47 orang. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan analisis berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Terdapat perbedaan motivasi belajar bahasa indonesia antara siswa yang mengikuti pelajaran dengan pendekatan saintifik dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VI SDN 3 Sambangan, motivasi belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran pembelajaran saintifik hasilnya lebih baik daripada motivasi belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Kedua, hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran pembelajaran saintifik hasilnya lebih baik daripada hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Ketiga, motivasi dan hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran pembelajaran saintifik hasilnya lebih baik daripada motivasi dan hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional.
References
Depdiknas, 2004. Pedoman Khusus Pengembangan Silabusdan Penilaian Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta : Depdiknas.
Depdiknas Dirjen Dikdasmen Dir PLP, 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa dan Sastra Indonesia.
De Porter, 1992. Suasana Pembelajaran. Internet. Diunduh tgl. 8-2-2014.
Dimyati, 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud.
Djamarah, S Bahri, 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Hutagalung, 1988. Sajak-sajak dalam Analisis. Jakarta : Tulila
Kemendikbud, 2013. Kurikulum 2013. Jakarta : Kemendikbud.
Koyan, 2011. Assesmen Dalam Pendidikan. Singaraja : Undiksha
Kunandar, 2007. Guru Profesional. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Mulyasa,2005.Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Menyenangkan Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Rampan, 1982. Kumpulan Cerpen Antara Manusia. Jakarta : Balai Pustaka.
Sardiman, 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.
Copyright (c) 2022 LAMPUHYANG

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.